//
you're reading...
Web

POPULARKAH SITUS ANDA?

POPULARKAH SITUS ANDA?

“Trust yourself. Think for yourself. Act for yourself. Speak for yourself. Be yourself. Imitation is suicide.” – Marva Collins – Joko Nurjadi

QUOTE DI ATAS menyarankan Anda untuk menjadi diri sendiri dan tidak meniru orang lain, mungkin dalam beberapa hal memang baik untuk diterapkan, tetapi quote tersebut rupanya jarang dipraktikkan oleh kebanyakan pemilik situs di Internet.
Mungkin belum ada cara yang benar-benar akurat untuk menghitung berapa jumlah situs aktif di Internet, tetapi tanpa menggunakan tools atau survai, kita sudah dapat melihat dengan kasat mata bahwa jumlah situs yang bertebaran di Internet bertambah relatif pesat dari hari ke hari, yang tidak akan ada habis-habisnya Anda kunjungi walaupun Anda berselancar di dunia maya selama 7×24 jam non-stop. Tetapi di sisi lain, menemukan situs baru yang inovatif jarang-jarang ditemui, kebanyakan situs baru dibuat dengan mengambil ide dari situs yang pernah ada sebelumnya. Hasilnya, kita dapat melihat betapa banyak bertebaran situs blog, portal, wiki, game, berita, dan sederet klasifikasi lainnya.
Karena itu, jika Anda memiliki ide brilian dan meluncurkan sebuah situs yang tidak pernah terpikirkan oleh orang lain, maka Anda harus menabahkan hati jika nantinya situs Anda memiliki kembaran, secara disengaja maupun tidak. Situs A mirip seperti situs B, situs B mirip seperti situs C, sebenarnya bukan menjadi hal yang tabu di Internet mengingat sedemikian banyak pengguna Internet yang tersebar di seluruh dunia dan luasnya kreativitas yang dapat dikembangkan pada sebuah situs, sehingga justru semakin memperluas informasi yang dapat diakses pengguna.
Walaupun mungkin ada saja plagiator yang mencontek secara total ide, desain, atau bahkan konten situs tertentu. Tetapi seiring waktu berjalan, situs tiruan pun harus menemukan jati diri sendiri untuk dapat tetap bertahan dalam rimba informasi bernama Internet.
Dari sekian banyak situs yang bebas diakses oleh siapapun, baik yang menawarkan kreasi baru ataupun menjadi follower, ada satu persamaan yang dimiliki, yaitu semua situs tersebut ingin menjadi popular. World wide web bagaikan etalase rak-sasa yang memajang jutaan situs yang berlomba-lomba ingin menjadi yang terdepan.
Mengukur Popularitas
“Tolong buatkan saya situs yang jika di cari pada search engine akan tampil pada daftar 10 teratas”, demikian permintaan seorang juragan kambing yang tidak ketinggalan ingin mempopularkan bisnisnya di Internet.
Biasanya web developer akan mati-matian menjelaskan betapa sulitnya mengharapkan sebuah situs tampil terdepan pada search engine, dan akhirnya mengeluarkan istilah-istilah sakti, seperti search engine optimization, search algorithm, meta tag, keyword, web crawler, dan sebagainya, dengan harapan sang juragan kambing memaklumi jika situsnya nanti tidak sepopular harapannya.
Sebenarnya Anda cukup mengatakan terdapat sekitar 250.000 halaman baru yang bertambah setiap harinya di Internet dan silakan membayangkan jika semuanya ingin tampil teratas pada search engine.
Jangan lupa mengatakan berita baiknya, yaitu terdapat lebih dari 1 milyar pengguna Internet di seluruh dunia, dan angka tersebut bertambah setiap harinya. Jadi walaupun sebuah situs tidak menempati peringkat atas pada search engine, bukan berarti situs tersebut tidak popular.
Lalu, bagaimana mengukur popularitas sebuah situs? Salah satu yang sering menjadi acuan adalah melihat dari frekuensi kunjungan pengguna. Terdapat beberapa cara yang akan kita bahas di bawah ini.

Web Counter
Sebuah web counter (lazim juga disebut hit counter) akan menghitung jumlah pengunjung yang mengakses situs Anda, web counter biasanya diletakkan pada halaman depan situsdan mungkin saja ingin ditunjukkan oleh pemilik situs denganfont ukuran besar jika jumlahnya fantastis, dan sebaliknya angkadengan font ukuran kecil jika jumlahnya minim (tergantungpada tingkat percaya diri sang pemilik situs!).
Bagi web desainer/developer yang tidak ingin repot melakukan pemrograman web counter, terdapat cukup banyak situs yang menawarkan jasa gratis perhitungan web counter. Cukupdengan menambahkan sederet kode program pada halamansitus Anda, dan akan tampil jumlah visitor yang mengakses situs Anda.
Sayangnya, web counter tidak selalu dapat dipercaya, selama angka pada web counter dapat dimodifikasi oleh pemilik situs. Saat ini web counter nyaris tidak menimbulkan kesan berarti bagi yang melihatnya, bisa jadi karena sudah terlalu umum, atau karena kurangnya kepercayaan pada angka yang tertera pada web counter.
Walaupun demikian, tidak tertutup kemungkinan Anda membuat web counter menjadi lebih menarik dengan sedikit kreativitas, misalnya dengan menampilkan jumlah pengguna yang sedang mengakses situs Anda, atau menampilkan web counter yang bergerak secara live. Salah satu contoh seperti yang ditawarkan pada situs http://www.chami.com/counter/classic/.

Statistik Web
Statistik web umumnya memberikan informasi yang lebih baik dibandingkan angka yang ditunjukkan pada web counter. Contohnya, Anda dapat melihat banyaknya kunjungan berdasarkan periode tertentu, atau dibagi sesuai letak geografis, atau menunjukkan berapa data transfer yang terpakai, dan informasi lainnya.
Pada statistik web, Anda tidak hanya dapat melihat dalam bentuk angka, tetapi juga dalam bentuk table dan grafik. Informasi seperti ini sangat berguna untuk menganalisis kunjungan situs secara lebih detail.
Statistik web mengambil data mentah yang berasal dari semua request yang ditujukan ke situs Anda (termasuk juga request yang gagal), request tersebut disimpan ke dalam sebuah log file pada web server. Log ini kemudian diproses oleh aplikasi web analytics dan ditampilkan menjadi laporan statistik web yang informatif.
Cara di atas tentunya memerlukan hak akses terhadap log file pada web server. Bagaimana jika kita ingin menghitung statistic sebuah situs tetapi tidak memiliki akses pada log file di web server? Caranya adalah dengan menggunakan JavaScript yang memberitahukan server third-party setiap kali sebuah halaman situs dipanggil oleh web browser, metode ini dikenal dengan nama page tagging.
Menampilkan statistik web dengan metode membaca log file ataupun page tagging memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Juga dimungkinkan untuk menggunakan metode hybrid yang menggabungkan kedua metode di atas dengan harapan dapat memberikan informasi statistik yang lebih akurat.
Beberapa contoh aplikasi web analytics adalah AWStats, W3Perl, Webalizer, phpMyVisites, dan sebagainya.

Web Rank
Daftar peringkat/ranking selalu digemari karena mudah dipahami dan langsung mengena pada sasaran. Adalah sesuatu yang memiliki daya tarik tersendiri jika menampilkan daftar seperti: orang-orang terkaya di dunia, film-film terbaik pemenang oscar, dan seterusnya. Bagaimana dengan daftar web terpopular?
Salah satu penyedia informasi tersebut adalah Alexa Internet, Inc (http://www.alexa.com). Sebuah perusahaan subsidiary dari Amazon.com. Peringkat pada alexa diambil berdasarkan kunjungan pengguna Alexa Toolbar untuk Internet Explorer dan sidebar terintegrasi di dalam Mozilla dan Netscape.
Walaupun terdapat kontroversi mengenai akurasi informasi yang ditampilkan Alexa, tetapi informasi yang ditampilkan cukup baik digunakan sebagai acuan popularitas sebuah situs secara umum.
Tentunya situs yang termasuk dalam daftar 500 besar alexa. com merupakan situs yang sudah tidak diragukan lagi popu-laritasnya. Sebaliknya jika situs Anda masih dalam peringkat yang kurang baik menurut Alexa, maka mungkin hal tersebut merupakan indikasi bahwa Anda harus memperbaiki layanan situs atau memperkenalkan situs Anda lebih luas lagi. Anda dapat melihat informasi peringkat situs tertentu dengan mengetikkan alamat situs yang ingin dicari melalui situs alexa.com ataupun dengan cara menginstal Alexa Toolbar, atau menggunakan extension SearchStatus untuk Mozilla Firefox.
Metode lain diperkenalkan oleh Google dengan PageRank. PageRank mengukur bobot suatu situs dari skala 0–10 dengan algoritma tertentu berdasarkan analisis terhadap link, yang akhirnya menunjukkan seberapa tinggi tingkat kepentingan (importance) suatu situs.
Semakin tinggi nilai PageRank Anda, maka semakin berbobot situs Anda, dan tentunya juga berarti semakin popular. Karena perhitungan PageRank berdasarkan link, maka timbul usaha-usaha memperbanyak link dengan tools dan programiklan text-link. Hal ini kemudian menyebabkan akurasi kualitas situs yang memiliki PageRank tinggi dipertanyakan, karena itu Google secara aktif mulai memberikan penalti bagi situs yang menjual text-link untuk mempertahankan akurasi penilaian PageRank. PageRank dapat ditampilkan melalui Google Toolbar atau extension SearchStatus pada browser Mozilla Firefox.

Popularkan Situs Anda!
Memang menyenangkan jika situs Anda menempati peringkat yang tinggi dan memiliki statistik yang baik, tetapi bagaimana cara mempopularkan situs Anda?
Sebelum Anda meneruskan membaca bagian ini, sebelumnya perlu selalu kita sadari bahwa untuk mendapatkan hasil yang baik, biasanya tidak atau jarang sekali dapat dicapai secara instan dan tanpa usaha maksimal.
Demikian juga dengan popularitas situs Anda, yang merupakan suatu proses yang harus dibangun dengan sungguh-sungguh. Beberapa caranya adalah:
1. Buat hubungan timbal-balik yang saling menguntungkan dengan bertukar link pada situs lain.
2. Terjun ke komunitas seperti forum, blog, mailing list, dan perkenalkan situs Anda dengan cara yang sopan dan tidak melanggar etika komunitas di mana Anda berada. Bahkan kadang cukup menaruh link pada footer (jika diizinkan), Anda mungkin akan mendapatkan beberapa pengunjung baru.
3. Tekankan pada kualitas dan bukan pada kuantitas. Lebih baik mendapatkan 10 pengunjung situs yang menghabiskan waktu rata-rata di atas 30 menit berada dalam situs Anda, dibandingkan 100 pengunjung yang rata-rata hanya membuka situs Anda dalam hitungan detik! Karena itu terus kembangkan situs Anda, pelajari apa yang diinginkan oleh pengunjung dan apa yang perlu diperbaiki jika ada. Anggap pengunjung adalah customer, dan customer adalah raja!
4. Masukkan situs Anda pada direktori online (entah yang gratis ataupun bayar) seperti yellow pages, situs alumni Anda, dan lain-lain yang memiliki kategorisasi dan struktur yang baik.
5. Buat artikel ataupun karya tulis lainnya, tambahkan link menuju situs Anda di dalam artikel tersebut, dan publikasikan artikel tersebut sesuai pada tempatnya. Bayangkan jika artikel Anda menarik para pembacanya, tentunya tidak sedikit yang akan penasaran membuka link situs Anda dengan harapan menemukan informasi lebih lanjut.

Sangat tidak disarankan Anda melakukan spam dengan bomb e-mail, program robot, atau dalam bentuk apapun yang mengganggu kenyamanan orang lain hanya untuk mengejar popularitas.
Memang bagi sebuah situs, popularitas juga dapat berarti uang mengalir lebih lancar. Dengan bekal statistik pengunjung yang tinggi, sebuah situs dapat menyediakan layanan pemasangan iklan dengan biaya relatif cukup mahal. Tetapi sebelum tergiur oleh popularitas dan uang, kita perlu belajar dari situs-situs yang telah populer dan mampu bertahan lama, sekali lagi, mereka selalu membangun kualitas terlebih dahulu sebelum mendapatkan kuantitas. Semuanya kembali pada tujuan sebenarnya situs. Situs diperuntukkan agar orang lain dapat memetik manfaat, maka pengunjung merupakan juri yang sebenarnya untuk menentukan kualitas situs Anda.
Dalam jangka panjang, para pengunjung setia yang mendapatkan manfaat dari situs Andalah yang akan terus membuat situs Anda bertahan.

Batasi Kopi untuk Tamu
Situs bagaikan sebuah rumah yang terbuka bagi para tamu yang datang berkunjung. Tapi, jangan sampai Anda hanya memprioritaskan diri pada tingginya angka pengunjung, tanpa melakukan analisis lebih lanjut mengenai siapakah yang mengunjungi situs Anda. Hal ini dikarenakan tidak semua pengunjung mendatangi situs Anda untuk memperoleh sesuatu yang bermanfaat dari konten situs, di antara sekian banyak pengunjung, bisa jadi pengunjung situs Anda yang paling rajin adalah sebuah software aplikasi yang berjalan secara otomatis!
Aplikasi tersebut dikenal dengan nama Internet bots atau disingkat bots, yang dibuat dengan berbagai tujuan. Ada yang positif seperti robot search engine yang membantu mendaftarkan situs Anda ke dalam search engine, tetapi juga ada yang negatif dan dibuat untuk kepentingan tertentu, misalnya untuk mengumpulkan alamat e-mail pada setiap halaman web yang ditemui, bahkan bisa jadi untuk melakukan penyerangan Denial of Service, tentunya “tamu” yang datang dengan cara seperti ini tidak perlu diberikan secangkir kopi!
Pada akhirnya, realita yang terjadi adalah situs Anda akan popular jika kontennya memang mampu menarik banyak orang, sehingga membuat para pengunjung selalu ingin mengakses situs Anda secara berkala dan kontinyu. Jadi prioritaskan bagaimana untuk dapat menghasilkan situs yang baik dibandingkan mengejar angka pengunjung semata.
Tetapi juga, bukan berarti angka dan statistik pengunjung menjadi tidak penting, gunakan statistik dan counter untuk analisa lebih lanjut dalam mengembangkan situs Anda ke arah yang lebih baik lagi.

LEBIH LANJUT
http://www.maniactive.com/how_alexa_works.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Web_analytics
http://wiki.answers.com

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Jumlah Pengunjung

  • 77,657 Pengunjung

Ubuntu: For Desktops, Servers, Netbooks and in the cloud
Review rtblackmore.wordpress.com on alexa.com
%d blogger menyukai ini: