//
you're reading...
Blog

Tutorial Membuat Blog Dengan CMS WordPress

Disini saya asumsikan semua sudah tahu apa itu WordPress, jadi kita hanya akan belajar langkah demi langkah, mulai dari menginstall CMS wordpress di hosting milik kita sendiri, baik yang gratisan maupun yang berbayar. Sebelum memiliki hosting, kita harus memiliki domain terlebih dahulu. Bagi yang suka gratisan, silahkan mendaftar domain di uni.cc atau di co.cc. Baca reviewnya di sini. Setelah memiliki domain, selanjutnya kita sediakan sebuah hosting. Ini berfungsi sebagai tempat menyimpan semua file yang kita miliki. Jadi, bagi anda yang belum memiliki hosting sendiri, silahkan mendaftar di sini, gratis.

Logo WordPress

Setelah domain dan hosting kita miliki, langkah selanjutnya adalah memasukkan semua file yang ingin kita pakai dalam blog kita. Karena kita ingin menggunakan CMS (content management system) WordPress, maka kita harus mendownloadnya dari situs WordPress. Anda bisa memilih yang terbaru, ataupun mendekati yang terbaru. Saya suka memilih yang versi terakhir yang mendekati versi terbaru, alasannya jika memilih yang terbaru, belum tau pasti kelemahan dan kekurangan. Sebagai contoh misal versi terbaru 2.3.2, maka saya akan memilih versi 2.1.3 atau 2.2.3.

Jika anda sudah mendownloadnya, sekarang kita masukkan file wordpress tersebut ke dalam hosting kita. Sebelumnya jika anda ingin menginstall file tersebut di alamat http://www.domainanda.com bukan di http://www.domainanda.com/blog, maka file wordpress yang telah di ZIP tersebut harus diextract dahulu di komputer anda. Lalu hasil dari extract tersebut kita ZIP lagi. Ini hanya untuk memudahkan dan mempercepat dalam proses penginstallan. Jika semua sudah anda lakukan, saatnya untuk memasukkan file tersebut kedalam hosting kita.

Sekarang buka cPanel dengan cara mengetikkan alamat: http://www.domainanda.com/cpanel atau http://www.domainanda.com:2082

Jadi misalkan domain saya http://www.jogjamap.com maka jika saya ingin masuk ke cpanel, saya mengetikkan http://www.jogjamap.com:2082

Setelah itu akan muncul jendela baru yang meminta kita untuk memasukkan user name dan password. Pastikan bahwa user name dan password anda benar.

Dan jika halaman cPanel sudah terbuka, klik dibagian File Manager. Saya lebih senang membukanya dengan klik kanan lalu open link in new tab pada firefox. Maka kita akan masuk kedalam public_html, jika anda tidak masuk dalam public_html, maka anda harus mengkliknya terlebih dahulu pada gambar icon public_html, bukan ditulisan public_htmlnya.

Upload file wordpress dengan mengklik Upload files, akan terbuka halaman baru, lalu cari file dikomputer anda, jika sudah klik upload.

Catatan: File wordpress harus dalam file ZIP bukan RAR. Karena kadang cpanel tidak bisa untuk mengextract file berekstensi *.rar

Jika file sudah terupload, klik nama filenya (bukan iconnya), maka disudut kanan atas akan muncul link-link pilihan, kita klik Extract File Contents, akan muncul jendela baru dengan tampilan semua file wordpress. Apabila tidak melihat file-file tersebut, maka berarti anda gagal dalam mengextract file wordpress tersebut.

Jika sudah terextract, kita tinggalkan sejenak file-file tersebut, sekarang saatnya membuat database di MySQL Databases. Cari MySQL Databases pada bagian database seperti pertama kali kita mencari File Manager. Klik MySQL Databases, akan terbuka halaman baru.

Create New Database
Buat database baru, misalnya “dataku” lalu klik Creat Database. Jika sudah, kita lanjutkan dengan membuat MySQL Users, masukkan username dan password yang anda inginkan, lalu Create User. Langkah selanjutnya adalah Add User To Database dengan mengklik submit, akan muncul jendela baru, beri tanda Cek pada ALL lalu submit. Proses pembuatan database telah selesai.

Kita kembali ke file pada public_html. Cari file dengan nama wp-config-sample.php, klik nama file tersebut, seperti biasa, dikanan atas akan muncul link pilihan, klik copy file, dan pindahkan ke folder lain untuk sementara, misalnya ke folder wp-content. Jika sudah, masuk ke folder wp-content dengan cara klik icon folder, bukan nama folder. Cari file wp-config-sample.php hasil copyan tadi, dan klik nama file tersebut. Pada bagian kanan atas, pada bagian link pilihan klik Rename File. Ganti nama file tersebut dengan nama wp-config.php. Jika sudah, klik nama file wp-config.php dan pindahkan ke bagian public_html dengan cara klik Move File.

Sekarang kita akan mengedit sedikit kode yang ada dalam file wp-config.php. Klik nama file tersebut yang berada dalam public_html, dan pada bagian sebelah kanan klik Edit File. Akan terbuka jendela baru yang memperlihat kode php.

Ganti pada bagian berikut ini dengan data-data yang sudah kita buat dalam MySQL Databases.

Contoh:

DB_NAME’, ‘jogja_dataku‘); // The name of the database
define(’DB_USER’, ‘jogja_user‘); // Your MySQL username
define(’DB_PASSWORD’, ‘passwordku‘); // …and password
define(’DB_HOST’, ‘localhost’);

Jika sudah anda rubah, dan pastikan bahwa itu sudah benar, lalu klik Save Changes.

Langkah persiapan untuk menginstall CMS WordPress sudah selesai.

Langkah Penginstallan

  • Membuka file Install.php dengan mengetikkan alamat url pada browser anda. Alamat domain saya http://www.jogjamap.com maka saya akan mengetikkan alamat urlnya: http://www.jogjamap.com/wp-admin/install.php lalu klik enter. Ikuti langkah-langkahnya dengan klik Next.
  • Apabila proses penginstallan berjalan sukses, maka anda akan mendapatkan password yang bisa kita gunakan sebagai login kedalam blog kita.
  • Contoh: Username: “admin” dan password: “p34c3
  • Masuk ke blog anda dengan menggunakan username dan password tersebut. Setelah anda berhasil masuk ke blog anda, langkah pertama adalah merubah password tersebut dengan password baru yang mudah kita ingat.
  • Anda bisa merubah themes (tampilan design blog) dan menggunakan plugins untuk mempermudah dalam nge-blog.

Selamat anda sudah memiliki blog dengan domain dan hosting milik sendiri.

Saya sudah berusaha menulisnya dengan jelas supaya mudah untuk dimengerti. Tetapi jika anda mengalami kesulitan dalam membuat blog dengan tutorial ini, silahkan ajukan pertanyaan di sini.

Urusan Domain + Hosting : FORGP.COM

Diskusi

7 thoughts on “Tutorial Membuat Blog Dengan CMS WordPress

  1. kalo buat cms sendiri enak mana ya pake wordpress apa karya sendiri?

    Posted by adhiem | Juli 31, 2009, 5:28 pm
  2. Ulasannya sangat menarik dan bermanfaat🙂

    Posted by Bony Hardian | Desember 26, 2009, 8:52 pm
  3. bentar lg ane buat dah…

    Posted by bOen | April 14, 2010, 4:28 am
  4. ngk ngerti….bingunggggg

    Posted by dud koto bsk | Juli 7, 2010, 7:41 am
  5. artikelnya sangat jelas mas, karena sama sekali gak ngerti jadi masih bingung……

    Posted by antok | Februari 11, 2011, 6:11 pm
  6. ok akan segera q coba mksh artikelny

    Posted by ayu wulan sari | Juli 12, 2011, 12:56 pm
  7. makch massssss

    Posted by info bagus | September 21, 2012, 2:51 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Desember 2008
S S R K J S M
« Nov   Jan »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Jumlah Pengunjung

  • 77,657 Pengunjung

Ubuntu: For Desktops, Servers, Netbooks and in the cloud
Review rtblackmore.wordpress.com on alexa.com
%d blogger menyukai ini: