//
you're reading...
Tips & Tricks

Ubah Teks Jadi Tabel

Suatu hari Anda mendapat tugas untuk membuat daftar karyawan dalam bentuk tabel. Anda pun segera menghitung jumlah kolom dan baris yang sekiranya akan terpakai. Namun jika data ternyata melebihi tabel tersebut, Anda harus kembali menyiapkan kolom dan baris yang baru. Lalu saat pemasukkan data ke dalam tabel, jari Anda harus sering menekan-nekan keyboard atau mengklik tombol mouse hanya untuk berpindah antar kotak. Repot deh!

Ada cara yang lebih ringkas, yakni menggunakan fitur Convert Text to Table yang ada di Microsoft Word. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu bersusah-payah menghitung jumlah kolom dan baris yang harus disiapkan sebelum memulai pengetikkan. Keuntungan lainnya, selama pemasukkan data berlangsung, jari Anda tidak perlu singgah ke area anak panah atau mengklik tombol mouse hanya untuk memindahkan pointer teks dari kotak yang satu ke lainnya.

Cara kerja fitur Convert Text to Table adalah mengubah sekumpulan teks yang dipisahkan oleh karakter tertentu yang unik. Melalui karakter inilah Microsoft Word akan memilah barisan teks menjadi kolom.

Untuk lebih mudah memahaminya, ikuti beberapa langkah ini:
1. Jalankan Microsoft Word dan siapkan sebuah dokumen baru.
2. Misalkan Anda ingin membuat tabel yang berisi data karyawan berupa nomor, nama, alamat, telepon dan karakter unik yang digunakan adalah tanda baca koma (,). Contohnya:
Nomor, Nama, Alamat, Telepon
1, Budi, Jl. Raya no. 1, 654654
2, Wahyu, Jl. Becek 2, 865634
3, Olla, Jl. Buntu, 5862359
3. Setelah selesai, blok seluruh teks yang baru saja diketikkan. Melalui tab [Insert], pilihlah opsi [Table] > [Convert Text to Table…].
4. Berdasarkan contoh di atas, maka Anda membutuhkan 4 buah kolom. Untuk itu isikan angka 4 di combo box Number of columns.
5. Di bagian Separate text at, pilihlah opsi [Other] dan isikan karakter koma (,) sebagai pemisah antar kolom.
6. Tekan tombol [OK] untuk menutup boks sekaligus membuat tabel yang Anda inginkan.

Diskusi

One thought on “Ubah Teks Jadi Tabel

  1. Hey! Thiss is kind of off topic but I need some advice from an established blog.
    Is it very hartd to set up your own blog?
    I’m not very techincal but I can figure things out
    pretty quick. I’m thinking about making my own but I’m not syre where to
    start. Do you have any ips oor suggestions? Cheers

    Posted by sample social media marketing plan | Oktober 3, 2014, 3:50 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Arsip

Kategori

Maret 2009
S S R K J S M
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Jumlah Pengunjung

  • 77,657 Pengunjung

Ubuntu: For Desktops, Servers, Netbooks and in the cloud
Review rtblackmore.wordpress.com on alexa.com
%d blogger menyukai ini: